Sunday 15 January 2017

Mengingat Kembali Rukun Islam dan Rukun Iman

Setiap Agama tentunya memiliki kewajiban menjalankan ibadahnya masing-masing, dalam Islam pun terdapat rukun-rukun yang perlu diketahui sebagai seorang muslim, dan tentunya dalam Islam ada rukun Islam dan Rukun Iman yang wajib diketahui dan dilaksanakan sesuai kewajiban.

Mungkin sudah tidak asing lagi mengenai apa itu rukun iman dan rukun islam, karena memang telah diajarkan oleh ustadz kita sewaktu sekolah dasar yang tentunya pasti menghafalnya sampai sekarang.



RUKUN ISLAM

Betul sekali ada lima Rukun Islam yang wajib dilaksanakan berikut :

1. Syahadat.

Setiap Muslim tentunya yang pertama kali adalah sahadat, sahadat merupakan baiat atau janji kita pada Allah dan Rosulnya. Adapun bunyi sahadat itu sendiri yaitu "Ashaduallailahaillalloh wa Ashaduannamuhammadarisululloh" yang artinya "aku bersaksi bahwa tidak ada tuhan selain Alloh dan aku bersaksi Muhammad SAW utusan Allah".

Tentunya meyakini berbaiat dengan mengucapkan dua kalimat syahadat adalah syarat mutlak seorang muslim.

2. Sholat.

Rukun Islam kedua yaitu Sholat, Shalat merupakan kewajiban setiap muslim yang tidak boleh ditinggalkan dalam sholat wajib, dimana shalat iti sendiri terdiri dari shalat wajib dan shalat sunah, shalat wajib itu sendiri yang sebagaimana kita sering laksanakan 5 waktu (shubuh, dhuhur, ashar, maghrib, dan Isya).

Shalat sendiri merupakan tiangnya agama yang mana diibaratkan shalat itu adalah wadah dari semua amal perbuatan baik kita.

3. Zakat.

Zakat merupakan rukun Islam yang ke-3dimana zakat adalah ibadah yang Allah perintahan kepada seluruh umat islam yang tentunya dengan zakat dapat membersihkan segala macam harta kita dari hal yang mungkin ada harta yang  secara tidak sengaja mungkin ada harta yang bukan milik kita. 

Pada dasarnya zakat yang memang sering kita dengar adalah zakat fitrah yang biasanya dilakukan menjelang hari raya Idul fitri.

4. Puasa

Rukun Islam selanjutnya yang ke 4 adalah puasa. Sebagai seorang muslim diwajibkan berpuasa selama sebulan penuh dibulan Ramadhan sebagai ibadah puasa yang wajib, adapun puasa juga terdapat puasa sunnah yang lain yang bisa kita laksanakan.

Berpuasa memiliki banyak manfaat diantaranya untuk menjaga kesehatan lambung dan sevagainya.

5. Haji (bagi yang mampu)

Inilah rukun islam yanh terakhir yang dimana mengapa haji ada di urutan terakhir, karena memang haji itu adalah sebuah rukun islam yang diwajibkan hanya bagi orang islam yang mampu melaksanakan nya dari segi materi misalnya. Orang islam yang cukup uang untuk menjalankan ibadah haji maka ia belum sempuran islamnya jika belum melaksanakannya.

Itulah kelima rukun islam yang wajib dilaksanakan oleh umat muslim.

BACA JUGA :  KUMPULAN KATA-KATA NASIHAT SEORANG WANITA

RUKUN IMAN

Setelah menjalankann rukun Islam kita juga harus mempercayai adanya Alloh dan apa yang telah diciptakan oleh Alloh yang terdapat dalam Rukun Iman berikut:

1. Iman Kepada Allah

Sebagai islam tentunya tidak dikatakan mukmin jika tidak mempercayai adanya Allah SWT pencipta alam semesta termasuk kita. Mempercayai bahwa Allah sebagai satu-satunya Tuhan yang wajib disembah dan tidak ada sesembahan lain.

Alloh yang memiliki beberapa sifat yang banyak dijelaskan dalam Al-Quran.

2. Iman Kepada Malaikat Allah.

Orang yang beriman tentunya percaya adanya malaikat Allah yang diciptaan dari cahaya, dimana malaikat adalah makhluk Allah yang diciptakan hanya memiliki pikiran tanpa hawa nafsu.

Memang manusia tidak bisa melihat malaikat, namun Allah sendiri menyebutkan dalam alqran bahwa Allah memang menciptakan malaikat dan kita harus mengimaninya.

3. Iman Kepada Kitab-kitab Allah.

Pasti kita percaya bahwa Allah menciptakan Kitab Al-quran yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad SAW. Namun kenapa dalam rukun Iman yang ke tiga disebutkan "Kitab-kitab" bukan "Kitab" berarti ini bermakna lebih dari satu, tentu saja yang dimaksud iman kepda kitab-kitab Allah adalah percaya bahwa Allah menurunkan kitab-kitab bukan hanya Al-quran saja, melainkan ada empat kitab Allah, yakni:
  • Kitab Taurat
  • Kitab Injil
  • Kitab Jabur
  • Kitab Al-quran
4. Iman Kepada Rosul Allah

Allah menurunkan Rosul-rosulnya tentu sebagai seorang muslim yang beriman percaya bahwa allah menurunkan utusannya, kita percaya baha nabi muhammad adalah rosul atau utusan umat islam, dan masih ada 24 rosul lagi yang harus kita ketahui.

5. Iman Kepada Hari kiamat.


Adanya Awal kehidupan tentunya ada hari akhir, dan hal ini banyak dijelaskan dalam Alquran dimana akan datang adanya hari kiamat yang mana umat islam harus mempercayainya bahwa hari akhir dimana kiamat adalah gerbang menuju alam Akhirat.

6. Iman Kepada Qodo dan Qodar.

Rukun iman yang ke enam adalah iman kepada Qodo dan kodar atau takdir Allah. Percaya bahwa semua yang telah digariskan allah adalh semuanya merupakan qodarNYA, dan tentunya kita juga percaya bahwa allah telah mengetahui apa yang akan terjadi dimasa mendatang.

KESIMPULAN

Rukun Islam ada 5 :

  1. Syahadat
  2. Shalat
  3. Zakat
  4. Puasa
  5. Haji (Bagi yang Mampu)

Rukun Iman ada 6 :

  1. Iman Kepada Allah
  2. Iman Kepada Malaikat Allah
  3. Iman Kepada Kitab-kitab Allah
  4. Iman Kepada Rosul Allah
  5. Iman Kepada Hari Kiamat
  6. Iman Kepada Qodo dan Qodar

Demikian rukun Islam dan Rukun Iman yang wajib kita ketahui sebagai muslim. Semoga kita tidak hanya mengetahui, tetapi lebih memaknai dan mengamalkan serta lebih menambah iman dan Islam kita.

Bagikan

Jangan lewatkan

Mengingat Kembali Rukun Islam dan Rukun Iman
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

terimakasih